Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

sistem ekonomi liberal dan sistem ekonomi campuran

Sistem ekonomi liberal klasik adalah suatu filosofi ekonomi dan politis. Mula-mula ditemukan pada suatu tradisi penerangan atau keringanan yang bersifat membatasi batas-batas dari kekuasaan dan tenaga politis, yang menggambarkan pendukungan kebebasan individu.Teori itu juga bersifat membebaskan individu untuk bertindak sesuka hati sesuai kepentingan dirinya sendiri dan membiarkan semua individu untuk melakukan pekerjaan tanpa pembatasan yang nantinya dituntut untuk menghasilkan suatu hasil yang terbaik, yang cateris paribus, atau dengan kata lain, menyajikan suatu benda dengan batas minimum dapat diminati dan disukai oleh masyarakat (konsumen). dikemukakan oleh Adam Smith yang dimuat dalam bukunya yang berjudul An Inquiry Into the nature and causes of the wealth of nation .

Ciri sistem ekonomi pasar :

-          Setiap individu bebas memiliki barang dan alat- alat produksi
-          Kegiatan ekonomi disemua sector dilakukan oleh pihak swasta
-          Pemerintah tidak ikut campur tangan dalam kegiatan ekonomi
-          Setiap orang diberikan kebebasan dalam memakai barang dan jasa
-          Berlakunya persaingan secara bebas
-          Semua kegiatan ekonomi didorong oleh prinsip laba.

disamping itu juga dipasar liberal ini ada keburukan serta kebaikan dalam sistem yangdijalankan dalam keburukan apabilan menjalankan sistem ini persaingan yang dapat terjadinya penidasan dan monopoli tidak hanya itu setiap individu hanya memetingkan diri sendiri sehingga pemerataan pendapatan sulit dicapai atau tidak merata , tidak lepas dari krisis ekonomi yang akan lebih sering terjadi , tapi ada kebaikan juga dipasar tersebut akan timbulnya persaingan yang mendorong manusia atau individu untuk ters maju dan bertindak secara efektid dan efisiien , dan tidak lupa juga individu bebas memilih pekerjaan yang disukai sesuai dengan minat dan bakat tanpa paksa dari siapa pun , produksi juga didasarkan kebutuhan masyarakat dan kebebasan memilih alat produksi dan modal.



Yang menerapkan sistem ekonomie ini
·         Amerika ( amerika serikat , argentina , bolivia , brasil, kuba , kolombia , ekuador , honduras , kanada ,meksiko ,peru,republik domika , greenland )
·         Eropa ( albania, armenia , austria , belgia , buligaria , denmark , finlandia, perancis,jerman,yunani,islandia,italia,norwegia,portugal,rusia,spanyol,dll)
·         Asia( indonesia,india ,iran,israel,jepan,korea selatan,taiwan,turki,thailand, Malaysia , singapura , dll )
Sistem ekonomi campuran

            Sistem ekonomi campuran ini adalah merupakan kombinasi ` logis ` dari  ketidak sempurnaan kedua sistem ekonomi di atas ( liberlisme dan etatisme ). Jadi dapat diartikan sebagai jalan tengah antara peran mutlak negara dan peran menonjol individu.jalan tengah ini disesuaikan dengan keadaan saat terpadu itu terjadi sehingga peran situasi dan lingungan sangat memberi warna pada sistem campuran tersebut.

Perjalan sistem ekonomi campuran

          Perjalan sistem ekonomi campuran tidak lepas dari sejar yang membentukannya , pertengan yang keras dan bahkan tidak harmonis dari kapitalisme dan sosialisme telah menstimulasi pemikiran untuk mencari bangun ekonomi dengan ciri dasar yang merupakan gabungan unsur – unsur terbaik dari keduanya. Dan sistem ekonomi campuran memiliki ciri khas sendiri , dari perpaduan antara dua sistem ekonomi tersebut. Dari 2 gabung tersebut terjadi bentuk – bentuk sistem yang membuang kelemahan – kelemahannya sehingga tersisa unsur – unsur yang dinamis dan positif.

             Dari dua hasil itu akan mencapai suatu bentuk terbaik melalui proses dialektik menuju suatu sintesa. Proses ini juga merupakan perpanduan dari thesa dengan antithesa dalam keharmonisan dan menuju ke arah kedinamisan. Negara yang sedang berkembang akan mampu mengejar ketertinggalanya dengan banyak tidak mencontoh bentuk sistem ekstrem sistem ekonomi tersebut . hal ini memberikan kenyataan lebih benar dan lebih mendalam ide – ide yang dapat dicapai melalui cara sitesa untuk menghasilkan pengetahuan lebih benar . yang meningkat menjadi alasan utama terwujunya sistem ekonomi campuran.
           
            Sistem ekonomi campuran juga dapat dilihat dari sistem perekonomiean di indonesia saat orde lama , disaat indonesia merdeka yang menganut sistem ekonomi campuran.memiliki ciri – ciri positif yang bertujuan :

è Perekonomian ini disusun sebagai usaha bersama berdasarkan atas asas kekeluargaan
è Cabang – cabang produksi yang penting bagi negara dan menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara
è Bumi, air , dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar – besarnya kemakmuran rakyat
è Sumber – sumber kekayaan dan keuangan negara digunakan dengan lembaga – lembaga perwakilan rakyat  , serta pengawasan terhadap kebijaksanaanya ada pada lembaga.
è Hak miliki perorangan diakui dan pemanfaatan tidak boleh berentangan dengan kepentingan masyarakat
tapi di samping itu sistem perekonomie ini tidak berjalan dengan lancar karena di sebabkan banyak hambatan yang dalam pemerintahan indonesia berapa faktor yang yang menyebabkan kegagalan :
·         Program tersebut disusun oleh tokoh – tokoh yang relatif bukan bidangnya , namun oleh tokoh politik dengan keputusan yang dibuat cendurung menitik beratkan pada masalah politik dan bukannya masalah ekonomi , ini dapat dimengertu mengingat pada masa – masa ini kepentingan politik tampak lebih dominana seperti mengembalikan negara indonesia menjadi kesatuan usaha dan menumpaskan pemberontakan didaerah dan masalah politik sejenisnya
·         Dana negara yang seharusnya dialokasikan untk kepentingan kegiatan ekonomi , justru dialokasikan untuk kepentingan politik dan perang
·         Terlai pendeknya masa kerja setiap kabinet yang dibentuk pada saat itu tercatat tidak kurang dari 13 kali kabinet berganti saat itu
·         Program dan rencana yang disusun kurang memperhatikan potensi dan aspirasi dari berbagai pihak






  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar